Selasa, 31 Januari 2012

11 Delegasi Indonesia Menghadiri The 23th IYLC 2012

            The 23th International Youth Leadership Conference 2012 atau disingkat The 23th IYLC 2012 adalah konferensi yang diselenggarakan dalam rangka pelatihan kepemimpinan bagi pemuda Internasional yang membahas dan mengenalkan aspek-aspek di bidang politik dunia, hubungan internasional, media, hukum, bisnis, dan ekonomi global. Kegiatan ini diadakan oleh Civic Concepts International. Tema konferensi tahun ini adalah cross-cultural exchange of young ideas concerning the future of world leadership (pertukaran lintas budaya dalam ide-ide pemuda mengenai masa depan kepemimpinan dunia). Kegiatan ini diikuti oleh pemuda seluruh dunia yang berlangsung pada 8-13 Januari 2012 di Hotel Olympix Tristar Prague, Republik Ceko.
      The 23th IYLC 2012 bekerja sama dengan American Center, Skyteam, Ricewaterhouse Coopers, Mary's Agency, Representation of the European Commission in the Czech Republic, dan Leaders Magazine. Konferensi ini diiikuti oleh 64 orang peserta dari berbagai negara. Adapun peserta yang mengikuti acara ini adalah mahasiswa dari negara Australia, Amerika, Cina, India, Indonesia, Inggris, Isreal, Isle of Man, Kanada, Kongo, Singapura, dan Zimbabwe. Sebelas mahasiswa mewakili delegasi Indonesia untuk mengikuti konferensi. Mereka berasal dari berbagai univeristas dan politeknik. Mereka adalah Aurora Tobing (Unpad), Anak Agung Istri Acyuta Kirana (UGM), Bagus Pramanandana (ITB), Debora Isabella Tobing (ITB), Hera Rachmahani (Univ. Airlangga), Ineu Rahmawati (PNJ), Johanes Erland (ITB), Kristy Rosyemary (ITB), Laila Irany Pohan (ITB), Nadia Indah (ITB), dan Tantri Sun Estuning Dasih (Univ. Airlangga). “Saya bangga menjadi salah satu delegasi Indonesia dan menjadi satu-satunya perwakilan dari Politeknik yang menghadiri acara The 23th IYLC 2012."
         Penyaringan peserta yang mengikuti acara The 23th IYLC 2012 dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama peserta harus meminta surat rekomendasi dosen bahwa ia memiliki jiwa kepemimpinan dan memiliki prestasi yang unggul di unversitas atau politeknik. Setelah itu peserta wajib mengisi formulir pendaftaran yang ada di website www.youthleadership.cz. Terakhir peserta mengikuti proses seleksi yang kompetitif diantaranya meliputi: potensi kepemimpinan, keunggulan di bidang akademik, pengembangan profesional pribadi, keterlibatan dalam komunitas, kualitas Bahasa Inggris, dan penulisan essay.
    Setelah melewati proses seleksi panitia dari Civic Concepts International mengumumkan 100 orang peserta yang akan mengikuti konferensi IYLC 2012 di Prague, Republik Ceko. Setelah pengumuman peserta wajib membayar uang pendaftaran dan biaya akomodasi selama acara konferensi berlangsung sebesar 1140 euro. Namun pihak panitia memberikan keringanan biaya atau beasiswa bagi 30 mahasiswa yang berasal dari Afrika, Asia Tenggara, Timur Tengah, Amerika Latin, dan Karibia. Selain memberikan beasiswa pihak panitia pun memberikan surat pengantar pengajuan sponsorship kepada semua peserta supaya peserta mendapatkan kemudahan untuk mendapatkan dana konferensi.
       Kegiatan The 23th IYLC 2012 terdiri atas tiga simulasi organisasi internasional. Simulasi yang pertama adalah Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang membahas kasus Nuklir di Iran. Simulasi kedua adalah Pengadilan Kriminal International yang membahas kasus Omar Hassan al-Bashir di Sudan. Simulasi ketiga adalah Parlemen Uni Eropa yang membahas mengenai amandemen-amandemen yang sudah dibuat untuk dirancang ulang. Selain simulasi kegiatan konferensi ini adalah presentasi oleh Senat Negara Republik Ceko, Menteri Luar Negeri, kunjungan ke berbagai kedutaan, penyampaian pidato oleh para tokoh dunia, dan kunjungan ke tempat-tempat bersejarah.
        Konferensi ini juga menampilkan kebudayaan dari peserta perwakilan masing-masing negara. Acara pertukaran kebudayaan diadakan di hari ke-3 konferensi. 11 delegasi Indonesia menampilkan berbagai macam baju adat dan batik. Selain itu, Indonesia menampilkan tarian Sanjojo yang berasal dari Papua. Semua peserta sangat menikmati dan tertarik dengan kebudayaan dari Indonesia. Mereka mau bergabung pada saat delegasi Indonesia menampilkan tarian dan menanyakan baju adat yang dipakai. ke-11 delegasi Indonesia pun bangga dan menampilkan yang terbaik demi nama baik Indonesia.
Culture Night
         Tujuan dari konferensi ini adalah mengumpulkan mahasiswa unggul dari lintas dunia untuk pertukaran ide-ide, pandangan, berpikiran terbuka mengenai masa depan kepemimpinan dunia, memperkuat hubungan dan kerjasama di antara kebudayaan, dan menciptakan jaringan di antara masa depan pemimpin-pemimpin dunia. Setelah konferensi ini diharapkan dapat menciptakan pemuda yang berkualitas yang dapat memimpin dan memajukan negaranya masing-masing di masa depan. “Our goal is that you leave with visions of a changed world that inspire you to make these visions a reality,” ujar Veronika Jirova ketua panitia The 23th IYLC 2012.
11 Delegasi Indonesia
Participant of 23th IYLC 2012

11 komentar:

  1. Really nice work you've done here ^^

    BalasHapus
  2. Thanks gy :D
    That's a best moment I ever had.
    Came to Prague, met with new friends from other countries, and met you :D
    I miss Prague already.
    I wish can back to Prague very soooon :)
    Take care :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Ineu, saya Satrio...
      Boleh minta pencerahannya gak terkait iusaha saya yg hampir desperate untuk IYLC ke-24? Soalnya saya butuh petunjuk dari alumni, plus bls ke email saya ya di satriobudiman01@yahoo.com
      Jazzakumullah ;)

      Hapus
  3. Hi Satrio gimana IYLC ke-24nya?

    BalasHapus
  4. Hi ineu, saya fittrie, iut IYLC ke 25 nanti...bisa share ya pengalaman dsana dan cari sponsorshipnya...
    ini email sy vthreemeyllia@yahoo.com
    thx

    BalasHapus
  5. Saya juga mau, tolong kirim ke fadlanmuzakki@yahoo.com yah. Thx banget :))

    BalasHapus
  6. minta infonya juga y
    saya baru dinyatakan lolos ke IYLC 26
    mohon share pengalamannya dan tips sponsorship serta pengurusan dokumen dari visa, paspor, dan penyusunan budgetnya
    email saya gedeheprinprayasta@gmail.com
    terimakasih banyak

    BalasHapus
  7. hai kak, saya shela kusumaningtyas. kakak share cerita pengalaman dab tips sponsorship serta pengurusan dokumen dari visa, paspor, dan penyusunan budgetnya
    email saya kusumacel@gmail.com .. makash

    BalasHapus
  8. hay..
    mohon pencerahannya. saya lolos jd pserta IYLC 2014. ada yg bisa sharing mslah mncari sponsor n bantuan dana..
    sms ke nomor 085664846308 ya?
    lgi gundah bgt ni. ingn mnggapai impian :(

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum kak, saya Alnus Meinata, bisa share pengalaman mbak daro 0 sampai berangkat mbak? soalnya saya bingung banget
    mohon kesediaannya ya mbak, k alnusmeinata@gmail.com

    BalasHapus